Manggaleh Ubek

 

 

Barakik-rakik ka hulu baranang ranang ka tapian basakik sakik dahulu barsanang sanang kamudian..

 

Cukup! cukup!

ya!

Pelan-pelan saja ya, biar lambat asal selamat, tidak lari gunung dikejar, alon-alon asal kelakon.

Ya!

Anak-anak duduk!

Duduk!

Bagus!

Sebagai putra bangsa yang punya adat sopan santun, harus pandai menghargai orang tua

duduk yang tenang, ya begitu!

 

Bismillahirahmanirahim

Bapak-bapak saudara-saudara adek-adek sekalian, tadi kami telah hibur anda dengan permainan musik campuran. Kenapa kami bawakan kesenian campuran? Kenapa dia punya syair sumatera dia punya irama jawa?

Itu menunjukkan kesatuan nasional. Kita bernaung dibawah garuda pancasila lambang negara republik indonesia.

Ya!

Sebentar lagi kami akan hibur saudara dengan irama sulawesi dalam bahasa kalimantan, lagu ambon dalam kata-kata irian, lagu daerah lampung berbahasa bali.

Sabar pak!

Kami telah kunjungi seluruh pelosok Nusantara, sejak dari sorong timur Irian Jaya sampai banda Aceh diujung barat di Sumatera sana. Tidak lain kedatangan kami adalah untuk memperkenalkan kebudayaan leluhur nenek moyang kita

Budaya yang mana itu bung?

Yaitu permainan debus!

Ya!

Debus sebagai warisan bangsa yang sekarang sudah langka, yang jarang bertemu sulit dijumpa.

Apa itu debus?

Debus adalah pertunjukan ilmu kebal, menari diatas pecahan kaca, dibacok dengan golok tidak mempan, kepala dipalu dengan besi, bekalung rantai yang dibakar sampai hangus.

Ya!

Tenang saudara!

Kami akan lakukan juga pertunjukan yang paling mengerikan, yaitu potong leher sampai putus kemudian disambung lagi seperti semula.

Sabar pak!

Keluarkan golok!

bukan yang itu!

yang paling tajam!

ada yang lain?

Ya.. boleh!

 

hap tah yes!

Tunggu! belum mulai saudara!

Jangan kaget!

perhatikan bener-bener pak!

Ini bukan sulap, ini bukan tipuan mata, tapi ilmu bernilai tinggi saudara!

Bapak-bapak Saudara-saudara!

Permainan debus sangat berbahaya, salah-salah bisa bawa maut.

kenapa kami berani pertontonkan ini permainan? Apakah kami ingin menyombongkan diri? Apakah kami mencari lawan? apakah kami mencari musuh?

Tidak bapak!

Maaf!

Kami kedaerah ini untuk mencari sahabat, jauh-jauh kami datang untuk mencari kawan bukan untuk perang ilmu.

Di Indonesia hanya ada ampat daerah yang terkenal dengan permainan ini. Satu, Minang Kabau disumatera sana. Kedua, Aceh. Tiga, Makasar, dan yang termasyur adalah didaerah Banten Jawa Barat.

Sekarang kami berada dipusatnya ilmu debus, kami berada di tanah Banten negeri dedengkotnya ilmu kebal dari berbagai aliran, pendekar pendekar hebat lahir disini pak!

Maaf Pak!

Kepada bapak-bapak, orang-orang tua kami yang setara ilmunya dengan saya rajo angek, tolong jangan di gangggu permainan ini, mohon jangan diganggu pak! Benar-benar saya bermohon! sekira nya kami yang datang secara baik-baik diterima dengan cara yang tidak baik, apaboleh buat, terserah bapak! selisih tidak dicari bertemu pantang di elakkan, umpama kata leher teman saya ini yang sebentar lagi akan  dipotong tidak menyambung kembali karena  diganggu! Hutang nyawa bayar nyawa pak! Bapak mau coba? silahkan! Tapi resiko tanggung sendiri! Tangan mencincang bahu memikul, paham pak?

Terima kasih!

Debus dikatakan orang barat dengan istilah black magic, ilmu hitam. Bukan ilmu hitam! Debus bukan sihir, bukan kerjaan setan, tapi bukti pendekatan diri kepada Allah SWT, Allahu Akbar

Sabar pak!

Satu lagi permintaan kami, tolong diperhatikan! Ya, tolong diperhatikan! Sebelum pertunjukan dimulai, kami harap kepada ibu-ibu yang tidak kuat melihat darah supaya tinggalkan tempat ini! Jangan tonton ini permainan! Pada bapak-bapak saudara-saudara yang punya sifat penakut mohon tinggalkan ini tempat. Selamat jalan!

Kami tidak mau berurusan dengan yang berwajib gara-gara tonton kami punya permainan pak! Jangan terulang lagi  pengalaman kami seperti di Kalimantan dulu saudara! Seoranng ibu tergelak pingsan lantas mati akibat jantungnya copot melihat kepala lepas dari tubuh.

Untung ada anggota kepolisian yang menonton pertunjukan kami bersedia menjadi saksi pak! Bahwa kami telah keluarkan peringatan terlebih dulu. Alhamdulillah! Jadi kami tidak bertanggung jawab kalau ada korban jatuh disini akibat melihat pertunjukan kami.

Saya teruskan pak!

Kenapa orang bisa sampai mati melihat peristiwa mengerikan? Kenapa si ibu orang Kalimantan tadi jadi korban? Tidak lain tidak bukan karena semangat lemah!

Kenapa dia punya semangat lemah?

Jawabnya hanya satu..

Kurang darah!

Ya kurang darah

Menurut profesor Kalamai Waisman, guru besar Fakultas Kedokteran Jerman Barat, bahwa darah adalah generator dari seluruh organ tubuh manusia, tanpa darah orang tidak bisa hidup, darah ibarat accu dari sebuah mobil ibarat listrik bagi sebuah mesin, biar Corola atau Mercedes keluaran baru, mesin bagus jalan mulus, supir pun berpengalaman. Tapi accu nya soak? mogok!

Ya..

Bagaimana supaya mobilnya jalan lagi pak?

Cas accu nya!

Pasti beres!

Begitu juga tubuh manusia pak! Bapak kalau mengalami kurang darah pak, badan akan loyo, tenaga kurang, muka pucat, pemandangan berkunang-kunang, hilang gairah hidup.

Bapak, sudara bekerja sebagai petani berkerja disawah atau diladang. Baru saja bekerja secangkul dua cangkul sudah mengeluh. waduh! capeek! tulang rasa mau rontok! akibatnya kerja jadi terbengkalai pak!

Bapak bekerja sebagai pegawai dikantor pemerintah atau swasta, baru duduk 10 menit sudah lemes, tangan gemetar, pinggang pegal, kerongkongan rasa kering, kurang darah!

Bapak, sudara bekerja sebagai pedagang sibuk menghadapi langganan saban hari, baru saja layani dua orang sudah pusing, mual dan suka marah-marah, akhirnya langganan lari ke toko sebelah, kurang darah!

Pelajar lemah ingatan, perempuan tidak cocok bulan, olahragawan prestasi menurun, semua akibat kurang darah!

Hati-hati pak! Jangan salahkan istri yang cantik rupawan mencari kapal lain untuk menumpang disebabkan perahu bapak reot dan bocor. Tidak mampu berdayung mengikuti alunan ombak dilaut lepas sementara pantai idaman semakin jauh dibalik karang, maaf pak!

Bapak kurang darah?

Dengar tetangga bertengkar sudah kecut, jantung berdebar-debar, suka keluar keringat dingin, daya sek menurun

Jangan khawatir

Para ahli kesehatan telah menemukan sejenis obat yang ampuh untuk mengatasi keluhanan bapak, hasil pengolahan laboraturium dengan peralatan yang canggih.

Obat apa itu bung?

Sabar!

Akan kami perkenalkan kepada anda salah satu hasil pembangunan negara kita dalam bidang farmasi pengobatan.

Sebentar!

Sebelum kami lanjutkan permainan debus dan potong kepala, sementara akan kami tunjukkan contoh obat tambah darah made in indonesia.

Coba keluarkan satu bungkus!

Ya cukup!

Ya.. ini barang nya pak!

nih.. Bapak lihat?

Ini obat terbikin dari ramuan-ramuan tradisional dalam negeri, diolah secara modern dalam bentuk kapsul.

Nih!

Bukan jamu pak!

Apa dia punya merk bung?

Silahkan baca!

Bapak bisa baca?

Nih!

Merk jelas dalam kemasan indah menarik

lihat!

O.T.A

O.T.A dibaca OTA

OTA kependekan dari kalimat Obat Tradisional Asli

Bapak ingin tau siapa penemunya?

ini obat diciptakan atas jasa empat orang sarjana jenius putera indonesia. Siapa beliau? mari kita baca!

Nih..

Satu, dr Sumantri, dari Jawa, beliau lulusan “Universitas Kamiko Sansaro” di jepang

Kedua, dr Marhalin dari sumatera, tahun 1981 mendapat penghargaan dari “Tarambau Hull The Hibitte” suatu lembaga kesehatan terkenal Eropa barat

Yang Ketiga, dr Jaw Law Feh, Keturunan Cina ibu sunda, pernah kerja sama dengan Tuan Lu Tau Chang ahli obat tradisional bangsa Cina

Ampat, bertidak sebagai penanggung jawab, Bpak Prof Dr Ajo Sarengat, pernah 3 tahun menjadi staff ahli di Rumah Sakit Farasyaian di timur tengah.

 

 

 

One thought on “Manggaleh Ubek

Leave a comment