Shrinkage

 

Deskripsi:

Srinkage cavity merupakan rongga-rongga dengan permukaan kasar serta dendritik baik merupakan rongga tunggal yang besar sampai rongga-rongga kecil yang berkoloni pada lokasi-lokasi tertentu.

Adanya shrinkage sering ditandai dengan munculnya cekungan pada permukaan coran dan atau perubahan geometri sebagai akibat dari tekanan udara luar yang lebih besar dari tekanan didalam rongga-rongga shrinkage.

Lokasi-lokasi umum:

Rongga shrinkage selalu ditemukan pada daerah coran yang memiliki modul besar (masiv) terutama bila modul besar tersebut berada diantara modul-modul yang kecil.

Shrinkage juga sering terjadi pada daerah yang mendapatkan beban panas berlebihan akibat kurang baiknya peletakan saluran masuk (ingate), atau pada ingate itu sendiri.

Beberapa saran pemecahan:

  • Bila terdapat bagian coran dengan modul besar yang terisolasi, ubah rancangan produk cor sehingga memiliki modul yang sama di setiap bagiannya.
  • Rancang ulang sistim saluran maupun penambah sehingga mampu penghasilkan proses solidifikasi yang terkendali.
  • Perbaiki rasio modul coran : leher penambah : penambah.
  • Kurangi ukuran saluran masuk (ingate) yang terlalu besar.
  • Gunakan pendingin baik luar ataupun dalam (ex- or internal chill) kecuali pada produk cor dengan bahan besi cor baik lamelar maupun nodular.

Leave a comment